Apa Itu Operasi Plastik dan Bagaimana Caranya?

Spread the love

Banyak wanita yang ingin melakukan operasi plastik dan jika Anda salah satunya bisa menggunakan agen operasi plastik. Operasi plastik sudah jadi hal yang biasa saat ini karena semakin banyak masyarakat yang melakukannya. Tidak hanya perempuan saja, bahkan banyak laki-laki yang melakukan operasi plastik agar penampilannya jauh lebih menarik.

Anda bisa melakukan operasi plastik di Indonesia atau luar negeri seperti Korea. Berbicara soal operasi plastik ada banyak jenisnya yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan atau kebutuhan. Supaya Anda lebih paham mengenai operasi plastik, simak pengertian dan bagaimana cara melakukannya di bawah ini.

Apa Itu Operasi Plastik?

Operasi plastik merupakan sebuah tindakan di dalam dunia kedokteran dengan menitikberatkan di rekonstruksi maupun perbaikan cacat serta kekurangan fungsional fisik pasien yang disebabkan oleh cedera, penyakit, pembedahan yang pernah dilakukan dan yang lainnya. Tujuan melakukan operasi plastik adalah untuk mengembalikan dari fungsi kulit, struktur rahang wajah, tengkorak, payudara, sistem otot tulang belang, alat kelamin dan yang lainnya.

Operasi plastik biasanya meliputi rekonstruksi yang estetika dan juga tindakan pembedahan dengan tujuan memperbaiki kualitas fisik yang tidak sesuai dengan keinginan dari struktur pada tubuh. Biasanya masyarakat melakukan operasi plastik dengan tujuan tertentu dan yang paling banyak saat ini adalah untuk kecantikan atau estetika.

Cara Melakukan Operasi Plastik

Ada banyak teknik yang dipakai untuk operasi plastik dan semuanya dilakukan sesuai dengan kondisi saat pembedahan dilakukan. Proses operasi plastik biasanya harus bius umum maupun lokal agar bisa mengendalikan rasa sakit. Ada 3 metode yang sangat umum dilakukan saat melakukan operasi plastik, yaitu:

·         Cangkok Kulit

Prosedur cangkok kulit biasanya dilakukan dengan melepaskan kulit yang sehat dari area kulit yang tidak terpengaruh. Selanjutnya, memakai kulit yang sehat untuk menutupi pada area kulit yang rusak maupun ingin diperbaiki. Teknik tersebut umum dilakukan untuk menutupi luka dengan ukuran yang besar, patah tulang, luka bakar, area kulit akibat kanker dan yang lainnya.

·         Perluasan Jaringan

Perluasan jaringan biasanya akan mempengaruhi peregangan jaringan di sekitarnya. Dokter memasukkan alat seperti balon ke bagian bawah lapisan kulit pasien. Selanjutnya, akan diisi dengan air garam hingga penuh supaya kulit bisa merenggang.

Lihat Juga :  10 Kelebihan Menggunakan Pipa Besi Untuk Bangunan

Setelah proses perenggangan kulit dirasa cukup, kemudian alat tersebut ditarik dan jaringan baru ditempatkan di area tersebut dengan tujuan menggantikan kulit yang hilang atau rusak.

·         Bedah Penutup

Bedah penutup cukup banyak dilakukan di operasi plastik bibir sumbing dan payudara. Caranya mirip sekali dengan cangkok kulit dan tingkat keberhasilannya jauh lebih tinggi. Hal ini bisa terjadi karena pasokan darah yang tersedia secara langsung dari jaringan yang baru ditanam di bagian kulit atau tubuh yang rusak.

·         Prostetik (perangkat tiruan)

Prostetik atau perangkat tiruan biasanya memakai sebuah alat dengan dipasang pada wajah, kulit, kepala maupun mulut agar bisa mengembalikan bentuk serta fungsi di bagian tubuh yang tidak sempurna maupun hilang.

Metode operasi plastik lainnya yang umum dilakukan adalah krim penyamaran, penyedotan dan yang lainnya dipakai sesuai dengan kebutuhan dan juga kondisi pasien. Anda bisa mengandalkan agen operasi plastik untuk melakukan operasi plastik.

Jenis-jenis Operasi Plastik untuk Wajah

Ada beberapa jenis operasi plastik yang dilakukan pada wajah, seperti:

1.      Hidung

Operasi hidung biasanya dilakukan untuk memperbaiki maupun mengubah bentuk hidung. Operasi tersebut dilakukan agar bisa mengubah ukuran hidung, baik memperbesar ukuran atau memperkecil ukuran hidung sesuai dengan keinginan.

2.      Kelopak Mata

Operasi kelopak mata biasa dilakukan untuk mendapatkan bentuk kelopak mata yang besar. Tren terbaru saat ini adalah lebih ke Asia dan banyak masyarakat yang ingin membuat kelopak matanya lebih besar.

3.      Bibir

Mempunyai bibir yang tebal dan berisi bagi sebagian masyarakat dianggap seksi dan indah. Semakin bagus bentuk bibirnya, akan semakin indah juga senyumannya. Tren bentuk bibir yang sedang tren saat ini adalah bibir penuh dan memiliki batas bibir yang tegas.

4.      Dagu

Dagu adalah bagian wajah yang utama untuk penampilan dan juga harmoni wajah keseluruhan. Memiliki bentuk dagu yang simetris dan seimbang pasti terlihat menarik.

Itulah dia penjelasan mengenai operasi plastik dan bagi Anda yang tertarik bisa menggunakan agen operasi plastik.